Search

Loading...

Tuesday, June 10, 2008

Tip Rambut Sehat Alami

JIKA Anda kerap melakukan pewarnaan maupun bersinggungan dengan alat-alat styling, Anda perlu memperhatikan timbulnya gejala kerusakan pada rambut Anda. Jangan karena ingin tampil trendi dan fashionable, Anda lalu lupa merawat rambut.

Gejala kerusakan rambut, antara lain rambut mudah rontok, kering, kusam dan tidak elastis. Herman Tjoa, hairdresser kawakan dari Talents Salon, memberikan beberapa tips yang sangat berguna untuk membuat rambut Anda terawat, indah, dan sehat.

"Ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika Anda mewarnai rambut atau menggunakan alat-alat styling. Tujuannya agar rambut Anda terhindar dari kerusakan dan penurunan kualitas rambut," katanya.

Berikut ini tips dari Herman Tjoa:

1. Jaga konsumsi makanan Anda. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung protein agar asupan gizi pada rambut seimbang, antara lain, kedelai, telur, susu atau yogurt, kacang-kacangan dan ikan.

2. Biasakan membersihkan rambut minimal seminggu dua kali. Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Selain itu, kebersihan rambut juga mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Yang pasti, dengaan rajin membersihkan rambut, kulit kepala Anda terbebas dari ketombe.

3. Untuk melindungi bagian kutikula dan korteks pada rambut, lakukan hair manicure. Cara ini efektif untuk membuat rambut terbebas dari kerusakan seperti kusam dan mudah rontok. Berfungsi juga melindungi rambut dari terpaan sinar ultra violet. Selain itu, hair manicure dapat membuat rambut Anda lebih berkilau dan mempertahankan warna rambut lebih lama.

4. Jangan lupa untuk memberikan konsumsi vitamin pada rambut Anda. Vitamin rambut dapat berbentuk oil atau cream. Khusus untuk rambut berwarna, pilihan yang tepat adalah menggunakan vitamino color atau luminance oil. (Genie/Genie/tty). Dari:lifestyle.okezone.com

No comments:

Sharing health knowledge and herbal medicines