Search

Loading...

Wednesday, June 25, 2008

Sepuluh Makanan Sehat Terbaik Yang Perlu Dikonsumsi

Begitu banyak pilihan makanan sehat di sekitar Anda, tapi pilihan Anda belum tentu yang terbaik bagi tubuh. Ternyata ada 10 makanan terbaik yang tersedia untuk Anda, namun mungkin saja Anda belum mengenalnya atau Anda telah mengenal tapi sering terabaikan ?

Anda adalah apa yang Anda makan. Istilah ini tak jarang asing lagi bagi Anda bukan ? Kuantitas makanan terkadang membuat orang lupa akan pentingnya kandungan nutrisi dari makanan yang dimakan. Kualitas makanan memang sering luput dari ingatan ketika Anda merasa harus menghilangkan rasa lapar yang mendera.

Tak menjadi masalah besar jika hal ini terjadi hanya sekali dalam hidup Anda. Tapi jika berkelanjutan, maka Anda harus siap menerima protes dari tubuh Anda.

Dalam keseharian, Anda pasti mengenal beraneka ragam jenis makanan yang nantinya akan diolah menjadi beraneka menu masakan dan minuman. Dari sekian banyak jenis makanan yang Anda kenal, ada 10 makanan yang tak pernah Anda duga fungsinya bagi kesehatan Anda. Apa saja sih jenis makanan itu.....

1. KOL

Jenis sayuran ini mudah ditemui dan banyak digunakan di dalam masakan Asia dan Eropa. Terdapat banyak nutrisi di dalamnya, diantaranya yakni sulfur yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi enzim untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker.

2. LOBAK

Sayuran yang umumnya berwarna putih ini, mudah sekali ditemui baik di pasar tradisional ataupun di supermarket. Dalam sayuran ini ternyata terdapat kandungan karoten, zat yang dapat melindungi retina Anda dari kerusakan, dimana zat ini nantinya akan menyerap gelombang pendek yang berasal dari sinar ultraviolet yang dapat merusak mata Anda. Untuk menikmatinya, Anda dapat mengolahnya dalam berbagai jenis masakan yang Anda gemari.

3. KAYU MANIS

Rempah klasik yang satu ini dapat membantu Anda mengendalikan kadar gula darah yang nantinya juga akan membantu Anda untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Anda tinggal menambahkan sedikit kayu manis ke dalam minuman atau masakan, maka Anda dapat merasakan manfaat yang lebih besar bagi kesehatan Anda.

4. JAMBU BIJI

Buah tropis ini kaya akan kandungan likopen, zat antioksidan yang dapat melawan kanker prostat. Zat ini juga terkandung di dalam tomat dan melon, namun kandungan likopen di dalam jambu biji paling tinggi. Selain itu kulit jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan kaya akan serat. Disarankan saat mengkonsumsi jambu biji, makanlah keseluruhan buah tersebut mulai dari kulit hingga bijinya, karena banyak nutrisi yang terdapat di dalam buah tersebut yang membuat tubuh semakin sehat.

5. JUS DELIMA

Minuman yang telah dikenal selama puluhan tahun di wilayah Timur Tengah ini, kini telah berkembang luas dan mulai digemari di Amerika. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi membuat buah ini semakin digemari dan banyak digunakan di dalam makanan suplemen. Jus delima ini juga dapat mengurangi tekanan darah dan mampu memperbaiki laju aliran darah ke jantung.

6. BIT

Buah berwarna merah tua ini dapat dikonsumsi baik mentah maupun setelah diramu dengan bahan lain di dalam suatu masakan, biasa ditemui pada salad. Buah ini dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Warna alami yang berasal dari pigmen yang terkandung di dalamnya yang bernama betasianin, dipercaya dapat melawan kanker.

7. PLUM KERING

Kandungan zat antioksidan di dalam plum kering dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Karena jika dibiarkan, radikal bebas ini akan merusak struktur sel Anda dan akan menjadi penyebab utama kanker.

8. BIJI LABU

Buah labu memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, dan bagian yang paling banyak memberikan sumbangan nutrisi adalah biji labu. Dengan mengkonsumsi biji labu, Anda akan memperoleh asupan magnesium. Menurut para peneliti di Perancis, pria yang mengkonsumsi biji labu memiliki resiko kematian mendadak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi biji labu.

9. GOJI BERRIES

Buah ini memiliki rasa seperti gabungan antara cranberry dan cherry,

Kandungan polisakarida di dalamnya dapat membantu memproduksi bakteri pembusuk di dalam usus besar. Untuk mengkonsumsinya, biasanya buah ini dikombinasikan dengan yoghurt, oatmeal ataupun sereal.

10. PURSLANE

serta memiliki tekstur yang kenyal. Goji berrie bisa dipercaya mampu memperbaiki daya tahan tubuh, melindungi hati, dan memperbaiki kemampuan penglihattan.


Tanaman yang tergolong rumput liar ini telah dijadikan tanaman herbal di berbagai negara. Seperti Cina, Meksiko, dan Yunani. Di dalam pengobatan Yunani, tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan konstipasi dan peradangan pada sistem urine. Tumbuhan herbal ini memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi.

Selain itu, tanaman ini juga mengandung melatonin, yakni zat antioksidan yang berfungsi untuk menghambat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Jumlah melatonin yang dimiliki oleh purslene lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran dan buah lain yang juga mengandung melatonin.

Ternyata banyak kandungan nutrisi yang dapt diperoleh dari makanan nabati. Semakin sering mengkonsumsi makanan sehat di atas, maka tubuh Anda akan semakin terjaga kesehatannya dan tidak tergantung pada obat-obatan. karena yang alami tetap lebih menyehatkan bukan................? Thanks to Kol, banyak digunakan di Asia. Begitu banyak pilihan makanan di sekitar Anda, tapi pilihan Anda belum tentu yang terbaik bagi tubuh. Ternyata ada 10 makanan terbaik yang tersedia untuk Anda, namun mungkin saja Anda belum mengenalnya atau Anda telah mengenal tapi sering terabaikan ?

Anda adalah apa yang Anda makan. Istilah ini tak jarang asing lagi bagi Anda bukan ? Kuantitas makanan terkadang membuat orang lupa akan pentingnya kandungan nutrisi dari makanan yang dimakan. Kualitas makanan memang sering luput dari ingatan ketika Anda merasa harus menghilangkan rasa lapar yang mendera.

Tak menjadi masalah besar jika hal ini terjadi hanya sekali dalam hidup Anda. Tapi jika berkelanjutan, maka Anda harus siap menerima protes dari tubuh Anda.

Dalam keseharian, Anda pasti mengenal beraneka ragam jenis makanan yang nantinya akan diolah menjadi beraneka menu masakan dan minuman. Dari sekian banyak jenis makanan yang Anda kenal, ada 10 makanan yang tak pernah Anda duga fungsinya bagi kesehatan Anda. Apa saja sih jenis makanan itu.....

1. KOL

Jenis sayuran ini mudah ditemui dan banyak digunakan di dalam masakan Asia dan Eropa. Terdapat banyak nutrisi di dalamnya, diantaranya yakni sulfur yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi enzim untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker.

2. LOBAK

Sayuran yang umumnya berwarna putih ini, mudah sekali ditemui baik di pasar tradisional ataupun di supermarket. Dalam sayuran ini ternyata terdapat kandungan karoten, zat yang dapat melindungi retina Anda dari kerusakan, dimana zat ini nantinya akan menyerap gelombang pendek yang berasal dari sinar ultraviolet yang dapat merusak mata Anda. Untuk menikmatinya, Anda dapat mengolahnya dalam berbagai jenis masakan yang Anda gemari.

3. KAYU MANIS

Rempah klasik yang satu ini dapat membantu Anda mengendalikan kadar gula darah yang nantinya juga akan membantu Anda untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Anda tinggal menambahkan sedikit kayu manis ke dalam minuman atau masakan, maka Anda dapat merasakan manfaat yang lebih besar bagi kesehatan Anda.

4. JAMBU BIJI

Buah tropis ini kaya akan kandungan likopen, zat antioksidan yang dapat melawan kanker prostat. Zat ini juga terkandung di dalam tomat dan melon, namun kandungan likopen di dalam jambu biji paling tinggi. Selain itu kulit jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan kaya akan serat. Disarankan saat mengkonsumsi jambu biji, makanlah keseluruhan buah tersebut mulai dari kulit hingga bijinya, karena banyak nutrisi yang terdapat di dalam buah tersebut.

5. JUS DELIMA

Minuman yang telah dikenal selama puluhan tahun di wilayah Timur Tengah ini, kini telah berkembang luas dan mulai digemari di Amerika. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi membuat buah ini semakin digemari dan banyak digunakan di dalam makanan suplemen. Jus delima ini juga dapat mengurangi tekanan darah dan mampu memperbaiki laju aliran darah ke jantung.

6. BIT

Buah berwarna merah tua ini dapat dikonsumsi baik mentah maupun setelah diramu dengan bahan lain di dalam suatu masakan, biasa ditemui pada salad. Buah ini dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Warna alami yang berasal dari pigmen yang terkandung di dalamnya yang bernama betasianin, dipercaya dapat melawan kanker.

7. PLUM KERING

Kandungan zat antioksidan di dalam plum kering dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Karena jika dibiarkan, radikal bebas ini akan merusak struktur sel Anda dan akan menjadi penyebab utama kanker.

8. BIJI LABU

Buah labu memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, dan bagian yang paling banyak memberikan sumbangan nutrisi adalah biji labu. Dengan mengkonsumsi biji labu, Anda akan memperoleh asupan magnesium. Menurut para peneliti di Perancis, pria yang mengkonsumsi biji labu memiliki resiko kematian mendadak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi biji labu.

9. GOJI BERRIES

Buah ini memiliki rasa seperti gabungan antara cranberry dan cherry,

Kandungan polisakarida di dalamnya dapat membantu memproduksi bakteri pembusuk di dalam usus besar. Untuk mengkonsumsinya, biasanya buah ini dikombinasikan dengan yoghurt, oatmeal ataupun sereal.

10. PURSLANE

serta memiliki tekstur yang kenyal. Goji berrie bisa dipercaya mampu memperbaiki daya tahan tubuh, melindungi hati, dan memperbaiki kemampuan penglihattan.


Tanaman yang tergolong rumput liar ini telah dijadikan tanaman herbal di berbagai negara. Seperti Cina, Meksiko, dan Yunani. Di dalam pengobatan Yunani, tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan konstipasi dan peradangan pada sistem urine. Tumbuhan herbal ini memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi.

Selain itu, tanaman ini juga mengandung melatonin, yakni zat antioksidan yang berfungsi untuk menghambat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Jumlah melatonin yang dimiliki oleh purslene lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran dan buah lain yang juga mengandung melatonin.

Ternyata banyak kandungan nutrisi yang dapt diperoleh dari makanan nabati. Semakin sering mengkonsumsi makanan sehat di atas, maka tubuh Anda akan semakin terjaga kesehatannya dan tidak tergantung pada obat-obatan. karena yang alami tetap lebih menyehatkan bukan................? (HDO/ly)

No comments:

Sharing health knowledge and herbal medicines