Search

Loading...

Friday, June 27, 2008

Penyebab-penyebab Gangguan Tidur

Kalau kamu sering mengalami gangguan tidur selama ini. Sebaiknya kamu mulai waspada dan segera mengatasinya. Karena tahukah kamu, tidur cukup selama 6 hingga 8 jam setiap harinya, tak hanya dapat membuat matamu terlihat lebih segar, kulitmu cerah dan mempertajam pikiranmu, tapi ternyata juga dapat membuat kamu terlihat tiga tahun lebih muda lho.

Jika kamu ingin mengatasi gangguan tidur tersebut, lebih baik kamu tahu apa yang menjadi penyebabnya sehingga dapat dihindari.

Berikut ialah enam penyebab kamu sulit tidur dengan nyenyak :

1. Makanan pedas
Bawang, cabai dan berbagai macam bumbu pedas lainnya memang sedap dikonsumsi, tapi makanan pedas tersebut dapat menimbulkan rasa panas dalam perut dan membuat pencernaan terganggu. Hindari juga MSG, karena ternyata dapat memicu mimpi buruk.

2. Makan malam terlalu banyak
Perut yang terlalu penuh membutuhkan beberapa jam untuk kembali 'tenang'. Lebih baik kamu makan lebih banyak di siang hari dan makan malam ringan lebih awal.

3. Sayuran mengandung gas
Sayuran memang baik dikonsumsi, tapi jangan sampai kamu terlalu banyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak gas seperti brokoli dan kembang kol. Perut yang penuh dengan gas rupanya dapat membuat kita sulit memejamkan mata di malam hari.

4. Makan dengan cepat
Santai dan nikmati makananmu untuk menghindari masuknya udara lewat mulut. Konon, hal ini merupakan salah satu penyebab sakitnya perut di tengah malam.

5. Minuman keras sebelum tidur
Alkohol mungkin pertamanya dapat membuatmu mengantuk, tapi kemudian minuman tersebut ternyata dapat mengganggu tidur dan membuatmu kurang istirahat lho.

6. Minum kopi sehabis waktu sarapan
Kafein tetap 'hidup' dalam tubuh selama sekitar 12 jam. Jadi, jika kamu ingin tidur cepat dan nyenyak, pastikan kamu sudah bebas kafein paling tidak 12 jam ke belakang.

No comments:

Sharing health knowledge and herbal medicines