Search

Loading...

Friday, July 4, 2008

Ikan adalah makanan terbaik otak anda


Top Ikan bisa membantu melambatkan penurunan mental yang berhubungan dengan penuaan. Riset membuktikan bahwa memakan ikan sedikitnya satu porsi dalam satu minggu dapat melambatkan penurunan mental sampai 10-13% pertahun pada orang tua.

"Penurunan itu jika dilihat dari kaca mata usia, sama dengan 3-4 tahun lebih muda" ujar Martha Clare Morris, ScD yang melakukan penelitian tersebut. Ternyata ikan seperti tuna contohnya, sangat kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat penting dalam pengembangan otak serta fungsi otak secara normal.

Untuk mendapatkan hasil penelitian tersebut, sebanyak 4 ribu orang berusia minimal 65 tahun dikumpulkan, diwawancara dan dipantau perkembangannya setiap 3 tahun, dengan pemberian ikan sebagai menu utama diet mereka. Setelah 6 tahun berlalu, mereka jelas mendapat bukti bahwa semakin banyak mereka mengkonsumsi ikan, semakin lambat pikun menyerang mereka. Bagi yang menyantap 1 porsi ikan per minggu, proses pelambatan penurunan mental terjadi pada mereka sebanyak 10%. Jika disantap sebanyak 2 kali 1 minggu, maka persentasenya mencapai 13%.

Para peneliti juga menyatakan bahwa setelah digabungkan diet ikan dengan konsumsi buah dan sayur, fungsinya tetap baik dan tak berkurang sedikitpun.

Dengan kata lain, mengkonsumsi ikan bisa mengurangi resiko terkena penyakit pikun (alzheimer). Secara sederhana, ikan bisa membantu mereka yang pelupa, baik lupa nama atau lupa mengingat kata-kata. Artinya, bagi mereka yang berusia dibawah 65 tahunpun, ikan juga sangat penting.

Karena itu, mulai sekarang biasakan makan ikan, terutama yang mengandung omega-3 tinggi (ikan tuna, salmon, herring, mackerel dan anchovies yang biasa disajikan dalam bentuk sarden). Selain itu, pilihlah ikan yang dibakar, bukan digoreng. Masalahnya, dengan cara dibakar, akan diperoleh lebih banyak asupan asam lemak omega-3 yang baik untuk pembuluh darah, tekanan darah dan mengurangi peradangan. Sebaliknya, ikan yang digoreng akan membuat asam lemak omega-3 berkurang.

Selamat menikmati ikan hari ini!

No comments:

Sharing health knowledge and herbal medicines