Search

Tuesday, September 23, 2008

Khasiat mahkota dewa obati kanker

Mahkota dewa mungkin sering kita jumpai di pekarang atau di depan rumah yang berfungsi sebagai tanaman hias atau peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, mempunyai buah yang berwarna merah menyala yang tumbuh dari batang utama hingga ke ranting.


Buah berkhasiat menghilangkan gatal (antipruritus) dan antikanker. Biji berracun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bioaktivitas ekstrak buah mahkota dewa dengan metode BSLT yang dilanjutkan dengan uji penapisan antikanker in vitro terhadap sel leukemia 1210, menunjukkan toksisitas yang sangat tinggi dan potensial sebagai antikanker. Identifikasi senyawa kimia aktif dalam ekstrak buah mahkota dewa didapat senyawa lignan yang termasuk dalam golongan polifenol dan senyawa syringaresinol (Dra. Vivi Lisdawati MSi, Apt., tesis S-2 di FMIPA UL Suara Pembaruan, Rabu, 9 April 2003).

Dari tanaman yang digunakan sebagai obat adalah daun; daging dan kulit buahnya. Daun dan kulit buah bisa digunakan segar atau yang telah dikeringkan, sedangkan daging buah digunakan setelah dikeringkan.

3 comments:

Anonymous said...

Wah saya belum pernah lihat tumbuhan ini.

Bermanfaat.

cuma kok ngak ditulis gimana cara menggunakannya?

presisi said...

wah kalo tanaman ini saya punya di rumah,.. cuma dipakai buat tanaman pagar kebun aja,.. kalo ada yang mau contact saya j di email ku: pr3sisi@gmail.com.
tapi kalo gratis,.. cuma ganti biaya kirim aja, kalo mau,..kalo perlu saya kasih tau juga cara mengkonsumsinya( cara yang biasa dilakukan abah saya).kalo saya ga suka,..

presisi said...

maksudku gratis,. cuma tolong ganti biaya kirim aja,..

Sharing health knowledge and herbal medicines