Search

Loading...

Monday, September 22, 2008

TIP MENGHENTIKAN KEBIASAAN MEROKOK


Jika anda termasuk golongan putih seperti saya alias tidak suka terhadap rokok dan perokok. Jika anda menginginkan orang-orang kesayangan anda bisa berhenti dari kebiasaan merokok, tidak ada salahnya kita coba beberapa tip ini:

Tahap 1 : Rencana untuk berhenti

Konsultasi dengan terapis sangat membantu suksesnya program ini. Terapis membantu perokok mengingat kapan biasanya mereka paling banyak merokok (waktu menyetir, ngobrol atau menelepon) dan menyusun strategi untuk melawan keinginan merokok dalam situasi tersebut

Tahap 2 : usaha untuk berhenti

Pada tanggal yang sudah ditentukan untuk memulai program ini, buang semua hal yang akan mengingatkan pada kebiasaan merokok, seperti sisa rokok, asbak dan lighter. Pilih pengganti nikotin yang paling efektif , bisa berupa patch, inhaler, atau permen karet, maupun obat yang diresepkan oleh dokter.

Tahap 3 : staying clean

Berolahraga, makan makanan sehat, banyak minum air putih, mengurangi kegiatan yang membuat “mantan perokok” ingin merokok, bisa mencegahnya “tergelincir” kembali ke kebiasaan lama. Meneruskan terapi juga sangat penting. Jika keinginan merokok datang lagi, telepon seseorang, sehingga perhatian kita bisa teralihkan karena keinginan tersebut hanya bertahan selama 10 menit.

MASA DEPAN MANTAN PEROKOK BEGITU DIA MEMBUANG ROKOK TERAKHIRNYA

* Setelah 12 jam : kadar karbon monoksida dalam darah kembali normal
* 1 – 9 bulan : sirkulasi darah membaik, fungsi paru-paru mulai normal, dan batuk berkurang
* 1 tahun : resiko penyakit jantung berkurang 50 % dibandingkan ketika masih merokok
* 10 tahun : resiko kematian akibat kanker paru -paru berkurang setengah daripada orang yang tetap merokok
* 15 tahun : resiko terkena penyakit jantung koroner akhirnya sama dengan orang yang tidak merokok

No comments:

Sharing health knowledge and herbal medicines